14/03/12

Permintaan dan Penawaran

Diposting oleh iylmagination di 06.48
Pasar terjadi karena adanya permintaan dari sang pembeli (konsumen) terhadap barang atau jasa dan penawaran dari sang penjual (produsen).


Permintaan
Definisi permintaan lebih jelasnya adalah sejumlah barang yang dibeli atau yang diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Hukum permintaan:
"Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang tersedia diminta"
Faktor-faktor dari permintaan ini ada banyak, yaitu:

1. harga barang substitusi
Barang substitusi atau barang pengganti akan mempengaruhi jumlah permintaan. Jika harga barang pengganti jauh lebih murah maka konsumen akan beralih ke barang substitusi. Contohnya, seperti harga pensil yang lebih murah dibanding dengan pulpen.

2. harga barang komplementer
Barang komplementer atau barang pelengkap juga akan mempengaruhi permintaan. Seperti harga bensin yang naik akan membuat permintaan terhadap kendaraan bermotor berkurang.

3. pendapatan
Pendapatan konsumen yang besar akan turut membuat permintaan semakin besar begitu pun sebaliknya.

4. perkiraan harga
Hal ini bisa diambil dari contoh beras. Karena takut harga beras akan melonjak, konsumen akan membeli beras dalam jumlah besar supaya dapat disimpan. Ini membuat permintaan terhadap beras meningkat

5. jumlah penduduk
Jumlah penduduk yang besar mempengaruhi jumlah permintaan turut meningkat, sebaliknya jika jumlah penduduk sedikit makan jumlah permintaan akan menurun



Penawaran

Penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pda setiap tingkat harga selama periode tertentu.
Hukum penawaran:
"Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang tersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang tersedia ditawarkan"

Hal-hal yang mempengaruhi penawaran:

1.harga barang itu sendiri
Harga barang yang mahal akan membuat produsen memproduksi barang tersebut lebih banyak. Sehingga penawaran meningkat.

2.harga barang substitusi
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan karena harganya lebih rendah.

3. biaya produksi
Biaya produksi yang menurun menyebabkan produsen memproduksi barang lebih banyak sehingga penawaran akan meningkat. Begitupun sebaliknya.


Harga Equilibrium


Harga equilibrium adalah harga yang terjadi karena perpotongan antara kurva permintaan dan penawaran. Ini menjadi tolak ukur harga, karena harga ini adalah harga yang seimbang dan terjadi secara alami.











0 komentar:

Posting Komentar

 

IYLMAGINATION Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea