21/03/12

Perilaku produsen

Diposting oleh iylmagination di 03.24
Produsen adalah orang melakukan proses produksi. Sedangkan produksi adalah segala kegiatan manusia yang ditujukan untuk meningkatkan nilai guna barang atau untuk menghasilkan barang.Tentunya produsen mengambil laba dari penjualan barang/jasa.

Fungsi produksi

Fungsi produksi adalah interaksi antara input yang berupa tenaga kerja,kekayaan alam, modal dan teknologi,dengan output, yaitu jumlah barang yang dihasilkan.

Q = f(R.L.C.T)
dengan:
Q = Quantity (jumlah barang yang dihasilkan)
f = function (symbol persamaan)
L = labour (tenaga kerja)
R = resource (kekayaan alam)
C = Capital (modal)
T = teknologi

Untuk menjelaskan fungsi produksi berlaku
“ the laws of diminishing returns” yang bermakna apabila suatu input ditambahkan dan input lain tetap maka tambahan output dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan mula-mula menaik, tapi pada suatu tingkat tertentu akan menurun jika input tambahan tersebut terus menerus ditambahkan.

Produksi Optimal
Optimalisasi produksi adalah suatu cara mengoptimalkan produk dengan pengaruh variabel, bisa dengan meningkatkan kualitas produksi, jumlah produksi, manfaat produksi, bentuk fisik produksi, dan lain-lain.

Least Cost Combination
Least cost combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

Contoh kasus yang dapat diambil adalah produksi ponsel berbasis sistem operasi ios dan android. Masing-masing mempunyai kelebihan namun android sekarang merajai pasar dikarenakan produsen mampu melihat kemauan konsumen. Dan dapat berinovasi dalam mengeluarkan produk-produk baru

0 komentar:

Posting Komentar

 

IYLMAGINATION Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea