22/08/17

Copy-paste Ucapan Belasungkawa

Diposting oleh iylmagination di 07.41
Berita duka datang dari salah satu teman kuliah Gw beberapa hari lalu. Mamanya meninggal. Sebagai rasa simpati, Gw mengirimkan pesan whatsapp turut berduka cita ke dia secara personal bukan dalam grup. Tapi beberapa saat kemudian Gw merasa perlu menyampaikannya juga dalam grup supaya teman Gw yang lain bisa tau dan bisa menyemangati teman Gw yang sedang berduka.

Sent.
Pesan whatsapp pun terkirim.

Pesan-pesan baru bermunculan di grup. Semua saling menyampaikan rasa simpatinya. Namun, ada satu yang menarik perhatian Gw. Ada satu pesan yang berisi sangat sama dengan pesan yang gw kirim. Bahkan typo-nya pun sama. Sudah dipastikan dia copas alias copy-paste pesan Gw.
Ok, memang sekarang hampir semua aplikasi ada fitur untuk itu. Copas. Siapa sih yang ga mau hemat waktu? Copas aja. Daripada ngetik panjang-panjang. Dengan copas juga berarti lu benar-benar mengutip tanpa harus melebihkan atau mengurangi suatu tulisan. Keaslian suatu kalimat berarti dapat dipertanggung jawabkan, kan?

Betul, tapi justru disitu bahan pemikiran Gw.

Sudah jadi hal yang biasa ucapan dicopas. Sebut saja ucapan ulang tahun, hari raya dan ucapan-ucapan hari bahagia lainnya. Tapi ini berita duka, ini belasungkawa, suatu musibah.
Dan orang yang sedang tertimpa musibah atau sedang berbelasungkawa akan merasa sedih. Dibandingkan dengan rasa bahagia, orang akan lebih mencari teman, mencari dukungan saat sedih. Rasa simpati dan empati dibutuhin banget. Dan ketika copas berita duka terkesan tidak ada rasa simpati bahkan empati disana. Bukan berarti tidak ada ya hanya aja terkesan tidak ada. Ini soal tata krama. Seperti halnya harus pakai baju hitam ke pemakaman. Ini nunjukin kita turut berduka atas kehilangan yang dialami seseorang. Simpati memang datang dari hati bukan dari pakaian. Pakai baju off-shoulder warna orens ga akan mengurangi rasa simpati kan?

Sekali lagi betul, tapi balik lagi karena orang yang sedang tertimpa musibah lebih cenderung mencari sokongan maka salah satunya adalah dengan menunjukkan rasa simpati tersebut. Supaya orang yang berduka tadi merasa dia punya teman. Entah itu dengan kalimat atau sesimpel dengan pakai baju hitam.

Dan itu berlaku juga dengan ucapan belasungkawa. Selain terkesan tidak benar-benar simpati, dengan mengcopas ucapan belasungkawa itu seperti tidak mau effort untuk mengetik. Ga usah panjang-panjang, bagus atau puitis. Yang penting benar-benar dibuat sendiri. Atau, at least diedit dulu :D



0 komentar:

Posting Komentar

 

IYLMAGINATION Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea