Analisis
Kinerja Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM)di Bank BJB
A. Pengertian
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi
yang terkandung dalam diri manusia
untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk
sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri
serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan
kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian
praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem
yang membentuk suatu organisasi.
Sistem adalah suatu kesatuan yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang tertentu.
Maka, sistem informasi SDM adalah suatu kesatuan yang menyediakan informasi yang digunakan dalam pembuatan keputusan sumber daya manusia.
Sistem adalah suatu kesatuan yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang tertentu.
Maka, sistem informasi SDM adalah suatu kesatuan yang menyediakan informasi yang digunakan dalam pembuatan keputusan sumber daya manusia.
- B. Profil Bank BJB
- Bank BJB dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang Pembantu, 14 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 104 Payment Point, 4 Kantor Wilayah dan 473 Waroeng BJB.
- Profil Divisi Sumber Daya Manusia
- Mitra Bisnis Strategis : mempunyai kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang pencapaian kinerja setiap unit kerja.
- Tertib Administrasi : memiliki data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan SDM.
- Agen Perubahan : mampu menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan secara efektif.,
- Budaya Perusahaan : Sesuai dengan corporate values bank BJB “GO SPIRIT”, pegawai harus bisa mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan. Budaya perusahaan bank BJB memiliki 14 butir perilaku, sebagai berikut:
- Ramah, Tulus, Kekeluargaan
- Selalu memberikan pelayanan prima
- Cepat, tepat, dan akurat
- Kompeten & bertanggung jawab
- Memahami & melaksanakan ketentuan perusahaan
- Konsisten, disiplin, dan penuh semangat
- Menjaga citra bank melalui perilaku terpuji & menjunjung tinggi etika
- Fokus pada nasabah
- Peduli pada lingkungan
- Memberikan solusi yang terbaik
- Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri
- Menyukai perubahan yang positif
- Menumbuhkan transparansi, kebersamaan, dan kerjasama yang sehat
- Menjaga rahasia bank & perusahaan
- Perencanaan : Merencanakan kebutuhan SDM dengan baik sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan, mengembangkan & mendorong karir pegawai berdasarkan kompetensi & kinerjanya melalui berbagai kegiatan pembinaan & kesempatan pengisian jabatan.
- Rekruitmen :Melakukan proses seleksi, rekrutmen & penempatan secara efektif untuk mengisi kebutuhan perusahaan.
- Pengembangan : Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk program pengembangan karyawan secara periodik.
- Administrasi & Hubungan Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Sistem Informasi SDM : Mengelola Database kepegawaian dan proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.
- Kompensasi & Pensiun : Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku.
- Outsourcing / PKWT : Untuk lebih mendukung kinerja perusahaan dan pelaksanaan fungsi-fungsi dan rantai pekerjaan, maka dibutuhkan support yang dilaksanakan melalui tenaga outsourcing / PKWT.
Secara struktur organisasi bank BJB, Divisi SDM berada di
bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko.
Manajemen
Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank BJB untuk melakukan proses rekruitmen,
pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia secara
efektif dan efisien. Demi mendukung visi & misi di bank BJB dalam melaksanakan langkah-langkah strategis
yang tepat untuk bersaing di pasar global, maka fungsi SDM dituntut untuk
dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan.
Sumber
Daya Manusia bank BJB harus menempatkan
fungsinya mendukung unit bisnis & support dengan
peran sebagai berikut :
Skema
manajemen SDM dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
2. Grup Perencanaan & Pengembangan SDM
Divisi
SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut :
Grup
Perencanaan & Pengembangan SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
3. Grup Administrasi SDM
Dalam
proses manajemen SDM, Grup Administrasi SDM memiliki tugas utama sebagai
berikut :
0 komentar:
Posting Komentar