28/03/20

Cap Go Meh di Surakarta

Diposting oleh iylmagination di 11.25
Hari pertama.

Gw pergi dengan kereta dari Pasar Senen sehabis pulang kerja. Biarpun di jalan hujan deras, bermodalkan jas hujan yang udah Gw persiapkan sebelumnya Gw bisa sampai di Stasiun Pasar Senen tepat waktu. Juga sempat makan malam dulu.

Vihara Dhamma Sundara

 

Sampai di Stasiun Jebres sekitar jam 7 pagi. Dekat dari Stasiun Jebres ada Vihara Dhamma Sundara. Di dalam Vihara ini ada Candi Putih. Di depannya terdapat patung alm. Sundara Husea, beliau merupakan pendiri Vihara ini. Di altar utama Vihara rupang Buddha berciri khas rupang Thailand. Setelah Gw mencari tahu ternyata memang rupang tersebut berasal dari Thailand.

The Alana Hotel
Lokasi ambil racepack.

Museum Tumurun
Blog terpisah Gw buat untuk museum ini. Cek di psotingan sebelumnya :D

Bestik Pak Harjo

Susu Shi Jack
Mulai ga enak badan, susu jahe anget jadi pertolongan pertama. Di sini semua makanan ringannya dipajang, jadi tingal ambil aja kalau mau pesan.


Pasar Gede & Kali Pepe
Pintu masuk Pasar Gede tepat di sebrang Kantor Walikota Solo sudah ramai dihiasi lampion dan ornamen-ornamen Imlek lainnya. Termasuk pedagang-pedagang di sekitar Pasar Gede. Banyak yang menjual mainan bernuansa Imlek seperti barong mini.




Di sisi sebelahnya ada perahu (?) yang bisa dinaikin untuk melintasi Kali Pepe. Di sepanjang Kali dihiasi lampion. Katanya perahu ini memang hanya ada ketika Imlek sampai dengan Cap Go Meh.
Hari kedua.

Tujuan utama ke Surakarta ya ikut Tjolomadoerun 2020 10K.
Ini pertama kali ikut event running di luar kota. Tertarik ikut karena Tjolomadoerun turut mendukung penderita kanker, lokasinya di Solo dan karena jersey-nya warna ungu hehe. Purple lover here!
Semua di persiapin dari latihan dan jaga makan sebelum race padahal kalau lagi jalan-jalan kan maunya kulineran.
Cuma mengandalkan alarm buat bangun dan agak kesiangan dari rencana awal. Langsung pemanasan dan cuss berangkat ke lokasi.


Melewati Cap Go Meh di Surakarta harus cobain lontong Cap Go Meh. Beberapa warung makan memang hanya menjual lontong Cap Go Meh ini setahun sekali termasuk di Kafe Star ini.
Pas bayar, Gw diajak ngomong sama Aih (Ibu) yang punya warung,  katanya tempat makannya sudah ada selama 70 tahun. Ada cabang di Jakarta tapi katanya kalau mau coba rasa yang masih otentik ya harus yang di Surakarta.


Babi Kuah Pasar Gede
Babi kuah ini enak banget! Rasanya gurih terus sambelnya juga pedas. Lokasinya di deket toko Podjok, Pasar Gede.


Sate Kere Presiden Mba Tug
Jangan harap ada daging ayam atau daging kambing di sate ini. Karena sebenarnya sata ini dulu ada karena susahnya masyarakat saat itu. Pembeli bisa memilih sendiri sate yang diinginkan. Sate terdiri dari jeroan, ampas tahu atau tempe. Nantinya sate akan dibakar dan diberi saus kacang.


Orion
Toko roti ini termasuk toko yang sudah beridir sejak lama. Dibanding surabi, Gw mau bawa ini aja sebagai oleh-oleh. 


Linco
Kesini ga ada rencana banget. Iseng mampir beli surabi buat bekal di jalan.


Es Krim Tentrem
Es krim lokasinya terletak di perempatan jalan besar dekat dengan pasar Triwindu. Bisa pilih rasa es krimnya dan variannya juga beragam.


Pasar Antik Triwindu



Buku


Penginapan

Whiz Capsule Hotel, Thamrin
Biar dekat kantor Gw memutuskan menginap di sini karena kereta baru sampai jam 2 pagi :(
Ga pernah minat buat coba capsule hotel karena kayaknya Gw agak sedikit claustrophobia deh tapi mari mencoba hal yang baru.



Lampu kamar bisa diganti warnanya, tetap yaa warna ungu :P



0 komentar:

Posting Komentar

 

IYLMAGINATION Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea