05/05/12

Mengapa pusing kalau terkena air hujan??

Diposting oleh iylmagination di 05.42
Itu dia yang selalu gw pertanyakan kalau hujan, kayak sekarang ini yang emang lagi musimnya hujan. Kepala gw gampang banget pusing kalau kena air hujan, biar hujan rintik-rintik sekalipun. Kayaknya kok daya tahan tubuh gw lemah banget~ ternyata ga gw doang, air hujan emang bikin pusing.
Air hujan itu sebenarnya air yang kadar pH-nya normal alias tidak asam atau tidak basa. Tapi disaat sekarang ini, dimana banyak polusi dari kendaraan bermotor, asap-asap pabrik dan lain-lain, air hujan menjadi mengandung asam. Polutan-polutan tadi terangkat ke udara saat proses pembuatan hujan.
Hujan rintik-rintik mengandung lebih besar kadar asam. Dan bukan hanya itu, pada saat hujan suhu udara di lingkungan lebih rendah dibanding dengan suhu tubuh. Sehingga membuat tubuh harus mengeluarkan energi ekstra untuk mengembalikan ke suhu normal. Hal ini mengakibatkan penyempitan pembuluh darah di bagian hidung dan tenggorokan juga penurunan kekebalan tubuh. Ga heran kan, kenapa jadi flu abis kena hujan??

Oleh karena itu, sebaiknya setelah terkena air hujan segera mandi dengan air hangat. Supaya zat-zat asam tadi terangkat dan suhu tubuh kembali normal :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

IYLMAGINATION Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea